STASIUN

KA Bandara diberangkatkan dari Stasiun KA Bandara di Jalan Stasiun-Medan dan juga dari Stasiun KA Bandara Kuala Namu di seberang Bandara Kuala Namu.

STASIUN KUALA NAMU

Stasiun Kereta Bandara Kuala Namu  sendiri berdiri dengan megah  di area terdepan bangunan Bandara Internasional Kuala Namu dengan luas keseluruhan sekitar 10.000 m2.  Stasiun KA Bandara terhubung dengan bangunan inti Bandara oleh 2 buah travellator di lantai 2 yang akan memudahkan akses para penumpang.

 

Bangunan stasiun kereta bandara Kuala Namu sendiri terdiri dari 2 lantai, dimana lantai 1 untuk kedatangan dan keberangkatan menuju stasiun medan, sedangkan lantai 2 merupakan akses menuju area check-in bandara.

 

Para penumpang dan pengantar/penjemput akan mendapatkan tempat yang nyaman untuk menunggu KA Bandara, mulai dari fasilitas Wi-fi, toko-toko retail, resto-café bertaraf internasional, serta fasilitas umum seperti toilet yang bersih dan nyaman, mushola hingga ruang nursery room.

STASIUN KOTA MEDAN

Stasiun KA Bandara Medan terletak di Jl. Stasiun - Medan (seberang Lapangan Merdeka), menempati gedung yang sama dengan Stasiun Kereta Regional Medan, dan dapat diakses melalui area drop off di lantai 2 atau dapat pula melalui pintu masuk stasiun di lantai 1 lalu naik ke lantai 2 dengan menggunakan eskalator ataupun lift yang ada.


Stasiun KA Bandara Medan terdiri dari tiga bangunan baru yang terbentang dari Jl. Stasiun sampai
dengan Jl. Jawa, yang saling terhubung dengan dengan adanya 2 buah bangunan
jembatan kaca (sky-bridge).

 

Bangunan pertama (City Railway Station 1/ CRS1)) merupakan bangunan inti yang berada di lantai 2, tempat pembelian tiket kereta. Bangunan kedua (CRS 2) berada di tengah-tengah
antara jalur kereta 8 dan 9, berfungsi sebagai peron untuk keberangkatan dan kedatangan KA Bandara,
sedangkan bangunan ke 3 (CRS 3), berada di sisi jalan Jawa yang merupakan Jalan Keluar Utama atau
tempat penjemputan bagi para penumpang kereta yang datang dari Stasiun KA Bandara Kuala
Namu. Ketiga bangunan tersebut merupakan bangunan baru yang cukup modern, berpendingin udara
(AC), oleh karena itu seluruh area dalam gedung merupakan area bebas asap rokok.

 

Stasiun KA Bandara Medan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari Wi-fi, toko-toko retail, resto-café bertaraf internasional, serta fasilitas umum seperti toilet yang bersih dan nyaman, mushola hingga nursery room.

 

Selain itu pula di Stasiun KA Bandara Medan akan beroperasi dePrima Hotel, sebuah hotel setara bintang tiga, sangat tepat dengan kebutuhan para pebisnis dengan waktu yang terbatas.